Rabu, 18 November 2015

Lokomotif CC300

Lokomotif CC300

LOKOMOTIF CC300
Lokomotif CC300
Lokomotif CC 300 01 saat sedang test run.
Sumber tenaga: Diesel hidraulik
Perusahaan pembuat: PT Industri Kereta Api (Persero)
Model: INKA CC 300
Tanggal dibuat: 2012-2014
Data teknis
Roda
Susunan roda AAR: C-C
Klasifikasi UIC: Co'Co'
Dimensi
Lebar sepur: 1.067 mm
Panjang: 14.135 mm
Lebar: 2.642 mm
Tinggi (maksimum): 3.575 mm
Berat
Berat kosong: 84 ton
Bahan bakar dan kapasitas
Jenis bahan bakar: High-Speed Diesel
Kapasitas bahan bakar: 3.800 liter
Mesin, motor traksi, dan converter
Penggerak utama: Caterpillar 3512B HD, V-12
Generator: Caterpillar C18
Transmisi dan kinerja
Transmisi: Voith Turbo Transmission L620reU2
Kecepatan maksimum: 120 km/jam
Daya mesin: 2.500 hp
Gaya traksi: 270 kN
Lain-lain
Rem lokomotif: Pneumatic brake, rem udara tekan
Informasi kepemilikan
Perusahaan pemilik: Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan
Pertama dinas Test run tahun 2012 2013-saat ini (khusus untuk dinas Ditjen Perkeretaapian)
Catatan kaki: [1]
Lokomotif CC 300 adalah salah satu lokomotif diesel hidraulik di Indonesia milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yang digunakan khusus untuk keperluan dinas Ditjen Perkeretaapian[2]. Lokomotif dengan dua kabin masinis ini dibuat oleh PT INKA. Desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran insinyur Indonesia. Akan tetapi, meskipun milik Ditjen Perkeretaapian, namun loko ini tetap dioperasikan oleh PT KAI.
Lokomotif CC 300 saat menjalani test run.
Bagian ujung lokomotif CC 300.
Lokomotif ini mempunyai panjang 14.135 mm, lebar 2.642 mm, tinggi 3.575 mm, dan berat 84 ton.[1] Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, daya mesinnya adalah 2500 hp dan memiliki gaya traksi sebesar 270 kN untuk starting (saat lokomotif mulai bergerak dari keadaan berhenti total). Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar tipe 3512B HD (Caterpillar Seri 3500, konfigurasi V-12 (kode angka 12 pada 3512), long stroke (kode B), diameter silinder x langkah silinder = 170 mm × 215 mm, perbandingan kompresi = 15,5:1) dengan transmisi hidraulik Voith Turbo Transmission L620reU2. Sistem pengereman memakai produk Westinghouse Air Brake Technologies (Wabtec), master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan generator set (genset) CAT C18 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 7 unit lokomotif CC 300 (CC 300 12 01, CC 300 12 02, CC 300 12 03, CC 300 13 01, CC 300 13 02, CC 300 14 01, CC 300 14 02) yang dibuat oleh PT Inka dan sedang menjalani test run di pabrik PT INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di beberapa dipo lokomotif yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Menurut Agus Purnomo, Direktur Utama Inka, lokomotif ini cukup handal karena tahan banjir. Ia juga mengatakan bahwa proyek CC 300 adalah bekerjasama dengan Kemenhub, maka ada beban biaya pengembangan yang ditanggung oleh Inka. Sebesar Rp30 miliar rupiah dari Pemerintah Indonesia (PT INKA ikut membayar juga) telah dibayarkan untuk mengembangkan proyek lokomotif made in Indonesia itu. meskipun ketinggian banjir mencapai 1 meter, KA yang ditariknya masih bisa melaju. Sesungguhnya pengembangan lokomotif Inka itu sejak 2009, dan tidak menutup kemungkinan jika loko ini akan segera diekspor ke seluruh dunia, terutama bagi negara yang lintas KA-nya memiliki persoalan banjir.[3]
Lokomotif CC 300 diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2013 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.[4]

Lihat pula

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar